Ucapan

WELCOME TO MY BLOG



Get this widget!

Selasa, 04 Februari 2014

KEGUNAAN TEKNOLOGI BERGERAK (MOBILE TECHNOLOGI) DALAM MARKETING (PEMASARAN)

ImageTanpa kita sadari itu adalah beberapa bentuk mobile marketing yang ada di sekitar kita. Memang di Indonesia belum banyak yang menggunakan media ponsel sebagai media penyebaran informasi komunikasi pemasaran, dan kalaupun ada sifatnya terbatas seperti yang sudah saya contohkan di atas.
Pada dasarnya, mobile marketing terbagi menjadi 5 fungsi pemasaran yaitu :
1. Mobile Advertising
2. Mobile Sales Promotion
3. Mobile Direct Marketing
4. Mobile Customer Relationship Management (M-CRM)
5. Mobile Public Relation
Ke 5 sifat Mobile Marketing ini, didistribusikan dengan menggunakan teknologi Mobile yang sudah kita kenal, yaitu :
1. Voice
2. SMS
3. MMS
4. WAP
5. XHTML
Kemudian di Eropa dan Amerika, ada teknologi yang sudah digunakan, namun belum banyak digunakan di Indonesia yaitu On Device Portal dan Location Based Service (LBS), yang sebenarnya memiliki potensi besar untuk dikembangkan di sini.

Dunia marketing atau pemasaran saat ini sudah bertransformasi, dari media tradisional ke media digital. Transisi ini menyebabkan hubungan antara konsumen dengan perusahaan berkembang tidak hanya sekedar hubungan konvensional tapi menembus batas pole interaksi dan komunikasi yang menggunakan teknologi sebagai sarananya.Untuk itu kita harus juga bisa menyesuaikan dengan kemajuan teknologi tersebut jika tak ingin tertinggal. Nah slah satu sarana transformasi digital dalam dunia marketing saat ini adalah penggunaan location based marketing.
Sebenarnya sudah ada beberapa bentuk dari locatin based marketing dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini, misalnya penawaran produk atau jasa yang ditawarkan kepada kita ketika kita berada pada sebuah lokasi tertentu, saat kita bisa mendapatkan informasi diskon atau promo sebuah produk atau layanan saat kita memasuki sebuah pusat perbelanjaan, saat kita mendapat rekomendasi tempat hangout yang terdekat dengan keberadaan kita saat ini, saat kita bisa berbagi informasi lokasi keberadaan kita dengan orang lain dengan smartphone kita, hingga saat sebuah game yang menawarkan tantangan yang menyesuaikan diri dengan lokasi keberadaan kita memainkannya.Semua itu adalah contoh dari beberapa bagian dan produk konsep location based marketing.
Untuk yang belum mendapatkan gambaran lebih jelas tentang apa itu location based marketing, ia adalah sebuah informasi dan pelayanan yang dapat diakses dari device mobile kita dan dapat memanfaatkan layanan petunjuk lokasinya untuk memberikan informasi atau memasarkan apapun kepada kita.Location Based Marketing dapat menjadi jembatan yang menghubungkan semua bentuk dari media marketing saat ini. Sebuah media sosial yang inklusif, melalui internet dan interaksi dunia nya ta secara langsung.Dengan ini kita juga bisa melakukan integrasi horizontal dari semua media yang terhubung kepada seseorang berdasarkan lokasi tertentu.Intinya, dengan location based marketing ini penggunaan layanan smartphone kita yang dapat memberikan informasi tertentu tentang sesuatu berdasarkan lokasi di mana kita berada.
Dengan location based marketing kita bisa menggunakan informasi lokasi seseorang untuk mengetahui dimana lokasi keberadaannya, mengirimkan pesan penawaran yang relevan dengan kondisinya saat ini, dan melakukan proses bisnis lainnya. Location based marketing adalah tahapan selanjutnya dalam revolusi dunia internet. Saat sebelumnya kita hanya berpikir tentang bagaimana cara mencari informasi di dalam internet dengan menggunakan search engine (seperti google misalnya), kemudian kita memasuki era sosial media saat kita bisa berbicara dan berekspresi tentang diri kita (penggunaan facebook dan twitter), nah saat ini kita memasuki era location based dimana kita mendapatkan informasi sebagaimana yang kita inginkan di setiap konteks aktivitas kita.
Jangan berpikir location based marketing itu hanya bisa berpengaruh dalam dunia bisnis, location based marketing juga bisa digunakan dalam interaksi sosial kita, ketika memainkan game di smartphone kita, saat kita berbagi informasi atau pengalaman baru, menemukan produk atau layanan yang sesuai dengan kondisi kita pada saat tersebut, dan masih banyak lagi bentuk inovasi yang dapat dilakukan.
Location based marketing sudah seharusnya kita perhitungkan dan kita pergunakan dalam kehidupan kita karena penggunaannya sudah semakin meluas dan intens terutama di negara maju. Sebagai contoh lebih dari sepertiga pengguna smartphone di Amerika minimal menggunakan layanan location based mereka sekali dalam sepekan. Untuk pengguna iPhone lebih banyak lagi, mencapai 63% penggunanya sudah terbiasa untuk menggunakan layanan location based sekali sepekan minimal untuk mencari keberadaan lokasi, barang yang dicari, toko, layanan, atau review produk berdasarkan lokasi mereka. Dengan jumlah pengguna smartphone yang sangat banyak di negara ini tampaknya hanya tinggal menunggu hitungan waktu bagi kita untuk semakin akrab dan terbiasa dengan location based marketing.
Melihat potensi dan perkembangan location based marketing, saat ini sudah ada asosiasi nasional yang mengkhususkan diri dalam location based marketing, asosiasi itu bernama LBMA (Location Based Marketing Association). Sebuah asosiasi yang melakukan banyak penelitian, seminar, edukasi, dan inovasi-inovasi dalam bidang location based marketing. Tujuan mereka adalah membuat location based marketing itu semakin lekat dan memasyarakat di kehidupan kita.
Jadi sekarang tinggal kita yang sekarang sudah tahu apa itu location based marketing dan sekarang mencoba untuk mencari manfaat yang kita bisa buat dari teknologi ini. Keberadaan location based marketing ini akan dapat memantik kreasi dan inovasi-inovasi yang tak terpikirkan oleh kita sebelumnya. Jadi, selamat mempersiapkan diri dengan kehadiran produk-produk teknologi dari location based marketing ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar