Ucapan

WELCOME TO MY BLOG



Get this widget!

Sabtu, 26 Oktober 2013

Cara latian Karate

Cara Ideal untuk berlatih karate adalah pertama-tama menguasai KIHON (Dasar). Latihan Kata dan Kumite tanpa Kihon yang baik hanyalah merupakan pemborosan waktu. Kihon Ibarat Pondasi sebuah rumah. bila Pondasi itu kokoh maka sebuah rumah jg akan kokoh meski ditiup angin kencang. demikian pula dengan Kihon, apabila kihon seorang karateka baik maka seluruh materi latihan lanjutan apapun akan mudah dipelajari. Belajar Kihon adalah hal tersulit dalam Karate karena kemungkinan bg mereka yg berlatih, Kihon dianggap tidak menarik kemudian jg akan merasa bosan karena terus2an berlatih kihon. Tetapi dengan belajar Kihon dengan tekun dan secara terus-menerus, kita akan menyadari betapa pentingnya latihan Kihon itu.
Didalam Karate-do Gojukai, yang paling pertama dipelajari adalah membuat kepalan tangan, dimulai dari Sho no Yobi Doza lalu Ken No Yobi Doza, kemudian belajar membuat Sikap awal (JOI), dan belajar mengenal senjata tubuh (TAIKEN).

setelah itu dilajutkan dengan 7 jenis Latihan Kihon :

1. Tachikata (cara berdiri atau Dachi)
2. Kamaekata (bentuk2 sikap tempur)
3. Ukewaza (jenis2 Tangkisan)
4. Tsuki waza (jenis2 Tusukan)
5. Uchi waza (Jenis2 sabetan)
6. Ate waza (Jenis2 Tumbukan)
7. Keri waza (jenis2 tendangan)

selanjutnya Ketujuh Jenis Kihon ini dilatih dengan menggunakan metode:

1. Kihon Ido I
2. Kihon Ido II
3. Nekoashi Kihon Ido
4. Ohyo Ido
5. Shiho Ido
6. Hatsubo Ido
7. Juppo Ido.

untuk Melatih seluruh materi latihan kihon tersebut diatas sangat dibutuhkan Ketekunan dan kesabaran krn materi tentunya membutuhkan waktu yg sangat lama untuk bs menguasai dan memahami makna yg terkandung dalam latihan Kihon.
 beberapa Tambahan/perkembangan teknik Kihon terbaru sesuai kurikulum standar IKGA juga sudah dapat dilatih kepada karateka2 ingkatan kyu 5 ke atas seperti brikut:
1. Uke Kata
2. Tsuki Uchi Ate Kata
3. Keri Kata
kemudian dilanjutkan dengan "Uke Tsuki Geri Kihon Kongo I dan II". setelah itu dapat dilanjutkan dengan Renshoku Kihon Ido I, II, dan Renshoku Ohyo Ido.

Dengan Melatih Teknik2 Kihon Diatas denga Tekun dan penuh Kesabaran, Diharapkan Seorang Karate-ka akan Mampu untuk Berlatih materi Lanjutan seperti KATA dan KUMITE.


 sumber : Sensi Budi Ichwan Ahcmad 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar